Kamis, 28 Juni 2012

Abstrak Penulisan Ilmiah

Nama : Sayang Sori Ocsilen
NPM : 15209430
Kelas : 3EA17

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN ROKOK A MILD
PADA PRODUK STAR MILD DI KOTA BOGOR.

ABSTRAKSI

Proses keputusan konsumen sampai pada tahap tindakan pembelian banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, dari faktor psikologis (individu) sampai dengan faktor lingkungan. Faktor-faktor tersebut memiliki dimensi yang luas untuk setiap orang, artinya tingkat pengaruh masing-masing faktor untuk setiap orang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Bagi perusahaan, faktor yang dapat dikendalikan untuk mempengaruhi proses keputusan konsumen adalah melalui manajemen bauran pemasaran (marketing mix) yang baik dan terkendali. Untuk melaksanakannya, perlu suatu kajian dan penelitian yang mendalam mengenai perilaku konsumen dilihat dari dimensi bauran pemasaran. Bauran pemasaran memiliki peranan yang besar bagi konsumen untuk menentukan tindakannya dalam proses pengambilan keputusan dalam penentuan produk yang akan dikonsumsinya
Penelitian ini bertujuan untuk melihat komponen-komponen dari bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan saluran distribusi) berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk menentukan pilihannya sebagai bahan pertimbangan konsumen dalam membeli produk Star Mild dan A Mild. Disamping itu juga untuk mengetahui variabel manakah yang dominan mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk memilih produk rokok mild antara Star Mild dan A MildTujuan lain-nya adalah untuk melihat komponen bauran pemasaran yang paling dominan membedakan kedua produk tersebut menurut penilaian konsumen
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan mengambil lokasi penelitian di Bogor . Adapun tehnik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner, interview, studi pustaka, dan observasi. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat atau penduduk kota Bogor yang membeli produk Star Mild dan A Mild sedangkan sampelnya adalah sejumlah 160 responden. Penelitian ini merupakan suatu analisis perbedaan antar variabel empat variabel (X¬1, X2,X3, dan X4), dan masing-masing variabel bersifat dependent (bebas). Variabel-variabel ini adalah Produk, Harga, Promosi, dan Saluran distribusi akan dianalisis melalui Descriminant . Analisis Diskriminan ini dapat dipergunakan untuk mengetahui variabel-variabel penciri yang membedakan kelompok populasi yang ada juga dapat dipergunakan sebagai kriteria pengelompokan.